Langsung ke konten utama

MAKALAH OOA/D (Objek Oriented Analysis/Design) DAN UML (Unified Modeling Language)



MAKALAH

REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KONSEP OOA/D DAN UML




 














DI SUSUN : OLEH

MUHAMAD AGUS RAHMADI : 3101 1502  2820



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKASTRATA (S1)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA &KOMPUTER
(STMIK BANJARBARU)
BANJARBARU
2017
Konsep Objek Oriented Analysis/Design
Obyek dalam ‘software analysis & design’ adalah sesuatu berupa konsep (concept), benda (thing), dan sesuatu yang membedakannya dengan lingkungannya. Secara sederhana obyek adalah mobil, manusia, alarm dan lain-lainnya. Tapi obyek dapat pula merupakan sesuatu yang abstrak yang hidup didalam sistem seperti  tabel, database, event, system messages.
Obyek dikenali dari keadaannya dan juga operasinya. Sebagai contoh sebuah mobil dikenali dari warnanya, bentuknya, sedangkan manusia dari suaranya. Ciri-ciri ini yang akan membedakan obyek tersebut dari obyek lainnya.
Alasan mengapa saat ini pendekatan dalam pengembangan software dengan object-oriented, pertama adalah scalability dimana obyek lebih mudah dipakai untuk menggambarkan sistem yang besar dan komplek. Kedua dynamic modeling, adalah dapat dipakai untuk permodelan sistem dinamis dan real time.

Cara Kerja OOA/D (Object-Oriented Analysis/Design)
Dalam dunia pemodelan, metodologi implementasi obyek walaupun terikat kaidah-kaidah standar, namun teknik pemilihan obyek tidak terlepas pada subyektifitas software analyst & designer. Beberapa obyek akan diabaikan dan beberapa obyek menjadi perhatian untuk diimplementasikan di dalam sistem. Hal ini sah-sah saja karena kenyataan bahwa suatu permasalahan sudah tentu memiliki lebih dari satu solusi. Ada 3 (tiga) teknik/konsep dasar dalam OOA/D, yaitu pemodulan (encapsulation), penurunan (inheritance) dan polymorphism.

Pengenalan UML
UML sebagai sebuah bahasa yang memberikan vocabulary dan tatanan penulisan kata-kata dalam ‘MS Word’ untuk kegunaan komunikasi. Sebuah bahasa model adalah sebuah bahasa yang mempunyai vocabulary dan konsep tatanan / aturan penulisan serta secara fisik mempresentasikan dari sebuah sistem. Seperti halnya UML adalah sebuah bahasa standard untuk pengembangan sebuah software yang dapat menyampaikan bagaimana membuat dan membentuk model-model, tetapi tidak menyampaikan apa dan kapan model yang seharusnya dibuat yang merupakan salah satu proses implementasi pengembangan software.

Kegunaan UML
Dalam suatu proses pengembangan software, analisa dan rancangan telah merupakan terminologu yang sangat tua. Pada saat masalah ditelusuri dan spesifikasi dinegosiasikan, dapat dikatakan bahwa kita berada pada tahap rancangan. merancang adalah menemukan suatu cara untuk menyelesaikan masalah, salah satu tool/model untuk merancang pengembangan software yang berbasis object-oriented adalah UML. Alasan mengapa UML digunakan adalah, pertama, scalability dimana objek lebih mudah dipakai untuk menggambarkan sistem yang besar dan komplek. Kedua, dynamic modeling, dapat dipakai untuk pemodelan sistem dinamis dan real time. 

Use Case
Sebuah use case menggambarkan suatu urutan interaksi antara satu atau lebih aktor dan sistem. Dalam fase requirements, model use case mengambarkan sistem sebagai sebuah kotak hitam dan interaksi antara aktor dan sistem dalam suatu bentuk naratif, yang terdiri dari input user dan respon-respon sistem. Setiap use case menggambarkan perilaku sejumlah aspek sistem, tanpa mengurangi struktur internalnya. Selama pembuatan model use case secara pararel juga harus ditetapkan obyek-obyek yang terlibat dalam setiap use case.
https://cdn-images-1.medium.com/max/1600/1*ixiYsGBRt-ZJbMFv6e5lLg.png

Sequence diagram
Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut.

Tujuan penggunaan sequence diagram :
Mengkomunikasikan requirement kepada tim teknis karena diagram ini dapat lebih mudah untuk dielaborasi menjadi model design.
Merupakan diagram yang paling cocok untuk mengembangkan model deskripsi use-case menjadi spesifikasi design.




Activity diagram
sesuai dengan namanya diagram ini menggambarkan tentang aktifitas yang terjadi pada sistem. Dari pertama sampai akhir, diagram ini menunjukkan langkah – langkah dalam proses kerja sistem yang kita buat. Sebagai contoh, langkah – langkah memasak air. Tetapi kita akan menjelaskannya dengan bentuk grafik.  Struktur diagram ini juga mirip dengan flowchart.
Kegunaan Activity Diagram
  • Menggambarkan  proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
  • Memperlihatkan urutan aktifitas proses pada sistem
  • Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram

Class diagram 
Class diagram merupakan salah satu diagram utama dari UML untuk menggambarkan class atau blueprint object pada sebuah sistem. Analisis pembentukan class diagram merupakan aktivitas inti yang sangat mempengaruhi arsitektur piranti lunak yang dirancang hingga ke tahap pengkodean.





DAFTAR PUSTAKA

http://sis.binus.ac.id/2016/06/20/domain-class-diagram/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Kegiatan Usaha

Saya akan berbagi contoh Proposal Pengajuan Usaha, yang saya buat untuk Siswa/Siswi SMK Jurusan Pemasaran(Marketing). PROPOSAL KEGIATAN USAHA “CHICKEN STRIPS”                                   DISUSUN OLEH: NAMA                                 : M. AGUS RAHMADI PROG. KEAHLIAN            : MARKETING SMKN 1 KANDANGAN JL.Batuan no.41 telp.(0517)21294 tibungraya TAHUN 2014/2015 KATA PENGANTAR Puji syukur senantiasa saya panjatkan kehadiran Tuhan yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia bagi umat-Nya jualah sehingga saya dapat menyusun dan menyelesaikan Proposal kegiatan Usaha “CHICKEN STRIPS”. Seperti kita ketahui bahwa tujuan Utama Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) adalah menyiapkan Siswa/Siswi yang siap bekerja dengan orang lain maupun memiliki usaha sendiri dengan keterampilan dan keahlian yang dimiliki dengan pembuatan proposal ini di harapkan dapat memotivasi dan membantu siswa. Ucapan terima kasih kepada

Php Dasar - Cara Penggunaan Variabel di Php #2