Saya
akan berbagi contoh Proposal Pengajuan Usaha, yang saya buat untuk Siswa/Siswi
SMK Jurusan Pemasaran(Marketing).
PROPOSAL
KEGIATAN USAHA
“CHICKEN STRIPS”
DISUSUN OLEH:
NAMA : M. AGUS RAHMADI
PROG. KEAHLIAN : MARKETING
SMKN 1 KANDANGAN
JL.Batuan no.41 telp.(0517)21294
tibungraya
TAHUN 2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur
senantiasa saya panjatkan kehadiran Tuhan yang Maha Esa, yang telah melimpahkan
rahmat dan karunia bagi umat-Nya jualah sehingga saya dapat menyusun dan menyelesaikan
Proposal kegiatan Usaha “CHICKEN STRIPS”. Seperti kita ketahui bahwa tujuan
Utama Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) adalah menyiapkan Siswa/Siswi yang siap
bekerja dengan orang lain maupun memiliki usaha sendiri dengan keterampilan dan
keahlian yang dimiliki dengan pembuatan proposal ini di harapkan dapat memotivasi
dan membantu siswa. Ucapan terima kasih kepada bapak/Ibu Guru telah memberikan bimbingan
dan teman-teman yang membantu saya dalam membuat proposal usaha ini. Dengan selesainya
proposal ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat serta dapat menunjang pencapaian sasaran
dan tujuan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ).
Kandangan, 09 Maret 2015
Penyusun,
M. AGUS RAHMADI
DAFTAR ISI
Judul………………….................................................................................................... . i
Kata
Pengantar .................................................................................................................. ii
Daftar
isi .............................................................................................................................. iii
A. LATAR
BELAKANG............................................................................................ 1
B. VISI
USAHA.......................................................................................................... 1
C. MISI
USAHA......................................................................................................... 1
D. ANALISA
PELUANG USAHA........................................................................... 2
E. MARKETING
MIX................................................................................................ 2
F. PERHITUNGAN
MODAL DAN HARGA JUAL............................................... 3
G. PERHITUNGAN
RUGI ATAU LABA................................................................ 3
H. ANALISA
KEUNTUNGAN................................................................................. 4
I. KESIMPULAN....................................................................................................... 4
A.
LATAR BELAKANG
Dalamkehidupansehari-harimasyarakattidakdapat di
pisahkandarikegiatanmengkonsumsimakanancemilan.Baikdalamkegiatansantai ataupun disaat
perayaan-perayaan tertentu.
Produk saya
adalah produk yang diminati oleh banyak konsumen, karena produk saya adalah
ayam fillet yang di goreng berbentuk stick.
Nama yang
unik(strips) membuat konsumen mudah mengingat produk saya produk saya berbahan
dasar ayam.
Banyak yang
membuat produk sama,tetapi saya berbeda dengan yang lain, bentuk ayam seperti
stick, serta sauce yang berlevel, mulai dari level biasa sampai level sauce
yang pedas
B.
VISI USAHA
-
Menjadikanusaha
yang bisa membuatcemilan yang
menggugahselera.
-
Menjadisebuahusaha
yang memproduksiChicken strips yang renyah, hiegienisdanbergizi.
C.
MISI USAHA
-
MemproduksiChicken
strips yang lezatdanberkualitas demi kepuasanpelanggandenganinovasibaru
-
Menggunakanbahanbaku
yang berkualitassertaperalataan yang bersih.
D.
ANALISA PELUANG USAHA
Setiapkegitanuntukmemulaiusaha,
makahal yang harusdilakukanterlebihdahuluadalahkemampuanterhadaplingkunganatau pesaing,
dengan mengamati analisaSWOT :
1.
Kekuatan
-
Bentuknya
seperti stick, sehingga lebih mudah di konsumsi
-
Bahan
baku mudah di dapat
2.
Kelemahan
-
Produktidak
tahan lama
-
Menyerap
cukup banyak lemak
3.
Peluang
-
Tempat
yang strategis
-
Fasilitas
yang cukupmemadai
4.
Ancaman
-
Adanyapesaing yangmenjualprodukdenganharga yang lebihmurah.
-
Dan
adanya pesaing yang menjual produk sama
E.
MARKETING MIX
1.
Produk ( Product
)
Produk yang di tawarkanadalahChicken strips yang
merupakanmakanancemilan yang sering di komsumsiolehmasyarakat,
danbiasanyasering kali di komsumsipadawaktusantai, acarakeluargamaupunsebagaioleh-
oleh.
2.
Harga ( Price
)
Hargaperbungkus Rp.1.500,
Inihargaterjangkaubagipembeli.
3.
Tempat ( Place )
Terutamasayaakanmenawarkandisekolahsayayaitu
di SMKN 1 KANDANGAN, serta ditempat bazar yang disediakan panitia.
4.
Promosi ( Promotion
)
Mulutkemulut
F.
PERHITUNGAN
MODAL DAN HARGA JUAL
1. Perhitungan Modal
-
Modal
Pokokpembelian =Rp.50.000
-
Biaya
Lain-lain :
a.)
Kemasan =RP. 5.000
b.)
Biaya
Trasportasi =Rp. 10.000 +
-
Total
Biaya =Rp.65.000
2. Penentuan Harga Jual
Modal =Rp.
65.000
=Rp.
65.000 : 50 unit/bungkus
=RP.1.300
Laba yang di
harapkan15% =15%
x Rp1.300
=Rp.
195
=RP.
1.300 +Rp. 195
=Rp.1.495
Harga per unit
setelah di bulatkan =RP. 1.500
G.
PERHITUINGAN RUGI/LABA
HasilPenjualan 50unit(bungkus) x Rp. 1.500= Rp.75.000
Harga
pokok perolehan 50unit(bungkus) x Rp.
1.300 = Rp.65.000
LabaBersih =Rp. 10.000
.
ANALISIS KEUNTUNGAN
HasilPenjualan-(BiayaOperasiional+ModalAwal)
Rp. 75.000 – (Rp. 15.000+Rp.
50.000)= Rp. 10.000
Laba x 100%
=Rp. 10.000 x 100% =15,38%
HPP Rp.
65.000
Jadi laba keseluruhan jika
semua laku maka berjumlah 15,38% yang asal mula laba yang diharapkan 15%,
peningkatan disebabkan adannya pembulatan harga jual perunit.
I.
KESIMPULAN
Produk yang sayatawarkan merupakansebuah
produk yang berkualitas.Perilaku masyarakat yang konsumtifdenganharga yang
murahakanmenjadisalahsatupertimbangan masyarakatuntukmembelinya.
Sekian proposal ini saya sampaikan, semogadapat di terimadenganbaikdan semoga
proposal ini lebihberkembangdenganinovasibaru.
Ini Adalaha contoh Power Point yang bisa di download.
Komentar
Posting Komentar