Langsung ke konten utama

Contoh Proposal Kegiatan Usaha




Saya akan berbagi contoh Proposal Pengajuan Usaha, yang saya buat untuk Siswa/Siswi SMK Jurusan Pemasaran(Marketing).



PROPOSAL
KEGIATAN USAHA
“CHICKEN STRIPS”



                                  DISUSUN OLEH:

NAMA                                : M. AGUS RAHMADI
PROG. KEAHLIAN           : MARKETING

SMKN 1 KANDANGAN
JL.Batuan no.41 telp.(0517)21294 tibungraya
TAHUN 2014/2015


KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa saya panjatkan kehadiran Tuhan yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia bagi umat-Nya jualah sehingga saya dapat menyusun dan menyelesaikan Proposal kegiatan Usaha “CHICKEN STRIPS”. Seperti kita ketahui bahwa tujuan Utama Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) adalah menyiapkan Siswa/Siswi yang siap bekerja dengan orang lain maupun memiliki usaha sendiri dengan keterampilan dan keahlian yang dimiliki dengan pembuatan proposal ini di harapkan dapat memotivasi dan membantu siswa. Ucapan terima kasih kepada bapak/Ibu Guru telah memberikan bimbingan dan teman-teman yang membantu saya dalam membuat proposal usaha ini. Dengan selesainya proposal ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat serta dapat menunjang pencapaian sasaran dan tujuan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ).


Kandangan, 09 Maret 2015
Penyusun,


    M. AGUS RAHMADI





DAFTAR ISI
Judul………………….................................................................................................... .  i
Kata Pengantar ..................................................................................................................  ii
Daftar isi ..............................................................................................................................  iii

    A.       LATAR BELAKANG............................................................................................      1
     B.       VISI USAHA..........................................................................................................      1
     C.       MISI USAHA.........................................................................................................      1
    D.       ANALISA PELUANG USAHA...........................................................................      2
     E.       MARKETING MIX................................................................................................      2
      F.       PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL...............................................      3
    G.       PERHITUNGAN RUGI ATAU LABA................................................................      3
    H.       ANALISA KEUNTUNGAN.................................................................................      4
       I.       KESIMPULAN.......................................................................................................      4






A.    LATAR BELAKANG

Dalamkehidupansehari-harimasyarakattidakdapat di pisahkandarikegiatanmengkonsumsimakanancemilan.Baikdalamkegiatansantai ataupun disaat perayaan-perayaan tertentu.
Produk saya adalah produk yang diminati oleh banyak konsumen, karena produk saya adalah ayam fillet yang di goreng berbentuk stick.
Nama yang unik(strips) membuat konsumen mudah mengingat produk saya produk saya berbahan dasar ayam.
Banyak yang membuat produk sama,tetapi saya berbeda dengan yang lain, bentuk ayam seperti stick, serta sauce yang berlevel, mulai dari level biasa sampai level sauce yang pedas

B.     VISI  USAHA

-             Menjadikanusaha yang bisa membuatcemilan yang menggugahselera.
-            Menjadisebuahusaha yang memproduksiChicken strips yang renyah, hiegienisdanbergizi.

C.    MISI USAHA

-            MemproduksiChicken strips yang lezatdanberkualitas demi kepuasanpelanggandenganinovasibaru
-             Menggunakanbahanbaku yang berkualitassertaperalataan yang bersih.





D.    ANALISA PELUANG USAHA

Setiapkegitanuntukmemulaiusaha, makahal yang harusdilakukanterlebihdahuluadalahkemampuanterhadaplingkunganatau pesaing, dengan mengamati analisaSWOT :
1.      Kekuatan
-       Bentuknya seperti stick, sehingga lebih mudah di konsumsi
-       Bahan baku mudah di dapat
2.         Kelemahan
-       Produktidak tahan lama
-       Menyerap cukup banyak lemak
3.         Peluang
-       Tempat yang strategis
-       Fasilitas yang cukupmemadai
4.         Ancaman
-       Adanyapesaing  yangmenjualprodukdenganharga yang lebihmurah.
-       Dan adanya pesaing yang menjual produk sama

E.     MARKETING MIX

1.         Produk  ( Product  )
Produk yang di tawarkanadalahChicken strips yang merupakanmakanancemilan yang sering di komsumsiolehmasyarakat, danbiasanyasering kali di komsumsipadawaktusantai, acarakeluargamaupunsebagaioleh- oleh.

2.         Harga  ( Price  )
Hargaperbungkus Rp.1.500, Inihargaterjangkaubagipembeli.

3.         Tempat  ( Place )
Terutamasayaakanmenawarkandisekolahsayayaitu di SMKN 1 KANDANGAN, serta ditempat bazar yang disediakan panitia.

4.         Promosi  ( Promotion  )
Mulutkemulut

F.     PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL

1. Perhitungan Modal
-          Modal Pokokpembelian                              =Rp.50.000
-          Biaya Lain-lain  :
a.)    Kemasan                                              =RP. 5.000     
b.)    Biaya Trasportasi                                 =Rp. 10.000   +
-            Total Biaya                                                 =Rp.65.000

2. Penentuan Harga Jual
Modal                                                              =Rp. 65.000
                                                                              =Rp. 65.000 : 50 unit/bungkus
                                                                              =RP.1.300
Laba yang di harapkan15%                             =15% x Rp1.300
                                                                              =Rp. 195
                                                                              =RP. 1.300 +Rp. 195
                                                                              =Rp.1.495
Harga per unit setelah di bulatkan                  =RP. 1.500

G.    PERHITUINGAN RUGI/LABA

HasilPenjualan                  50unit(bungkus)  x Rp. 1.500= Rp.75.000
Harga pokok perolehan    50unit(bungkus) x Rp. 1.300  = Rp.65.000
LabaBersih                                                                        =Rp. 10.000


.    ANALISIS KEUNTUNGAN

HasilPenjualan-(BiayaOperasiional+ModalAwal)
Rp. 75.000 – (Rp. 15.000+Rp. 50.000)=  Rp. 10.000

Laba  x  100%   =Rp. 10.000  x 100% =15,38%
HPP                       Rp. 65.000

     Jadi laba keseluruhan jika semua laku maka berjumlah 15,38% yang asal mula laba yang diharapkan 15%, peningkatan disebabkan adannya pembulatan harga jual perunit.

I.         KESIMPULAN

Produk yang sayatawarkan merupakansebuah produk yang berkualitas.Perilaku masyarakat yang konsumtifdenganharga yang murahakanmenjadisalahsatupertimbangan masyarakatuntukmembelinya.
Sekian proposal ini saya sampaikan, semogadapat di terimadenganbaikdan semoga proposal ini lebihberkembangdenganinovasibaru.



Ini Adalaha contoh Power Point yang bisa di download.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH OOA/D (Objek Oriented Analysis/Design) DAN UML (Unified Modeling Language)

MAKALAH REKAYASA PERANGKAT LUNAK KONSEP OOA/D DAN UML   DI SUSUN : OLEH MUHAMAD AGUS RAHMADI : 3101 1502   28 20 PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKASTRATA (S1) SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA &KOMPUTER (STMIK BANJARBARU) BANJARBARU 2017 Konsep Objek Oriented Analysis/Design Obyek dalam ‘software analysis & design’ adalah sesuatu berupa konsep ( concept ), benda ( thing ), dan sesuatu yang membedakannya dengan lingkungannya. Secara sederhana obyek adalah mobil, manusia, alarm dan lain-lainnya. Tapi obyek dapat pula merupakan sesuatu yang abstrak yang hidup didalam sistem seperti   tabel, database, event, system messages. Obyek dikenali dari keadaannya dan juga operasinya. Sebagai contoh sebuah mobil dikenali dari warnanya, bentuknya, sedangkan manusia dari suaranya. Ciri-ciri ini yang akan membedakan obyek tersebut dari obyek lainnya. Alasan mengapa saat ini pendekatan dalam pe

Php Dasar - Cara Penggunaan Variabel di Php #2